Wednesday 31 December 2014

Tips Membedakan Blackthroat Jantan Dengan Betina

Black throat meupakan burung africa jenis finch pemakan biji-bijian, mereka biasa hidup bergerombol dengan sebutan yellow rumped seedeater orang kenya menyebutnya. Black troat yang bagus adalah yang memiliki lagu ori ngerol dengan dominan speed rapat dan panjang. Diantara burung import seperti edel sanger dan mozambik, black throat memiliki harga paling atas jika di bandingan dengan jenis burung import diatas. Meskipun demikian, jenis blakthroat masih memiliki gen yang sama dengan kenai, sanger dan mozambik, hal ini di buktikan dengan adanya keturunan antara dengan jenis finch diatas dengan sebutan blackhroath x sanger (blacksang), blackthroath x mozambik (blackmoz), dan (blackthroath x kenari) blacken. Blackthroat memiiki ciri fisik hampir sama dengan edel sanger bila dilihat sepintas, tetapi apabila dipehatikan blackthroat terlihat lebih hitam serta didekat pangkal ekor bagian atas memiliki warna kuning. Kwalitas lagu blackthroath juga berbeda dengan sanger, blacktroath cenderung lebih tebal suaranya, volumenya dan rolling yang lebih enak di dengar, jadi tidak heran jika harganya sekarang istimewa dipasaran.

   Blacktroath jantan dan betina sulit dibedakan, mereka tidak memiliki perbedaan yang pasti jika dilihat dari penampilanya saja, meskipun orang biasa bilang dengan dasi lebih tebal, kepala besar dan hitam lebih pekat, tetapi saya pribadi bisa mengatakan bahwa itu bukan syarat mutlak. Peternak sendiri saja masih sulit membedakan antara jenis kelamin blackthroath jantan dan betina apabila hanya melihat ciri fisik. Untuk memilih blacktroath jantan tidak lah mudah seperti yang dipikirkan.

Berikut tips memilih blackthroath Jantan : 
* Pilih burung yang sudah jelas ngerol meskipun pelan, paling tidak di usia muda sudah ngriwik
* Perhatikan ngerolnya yang panjang
* Perlu di ingat kalau memilih blacktroath ataupun sanger, ingat baik-baik bahwa burung jenis betina bisa ngerol panjang apabila mengalami masa birahi. Jadi hati-hati dalam memili, untuk anda yang bisa mencermati suara betina yang mengalami masa birahi tidak sama dengan jantan persis, suara ngerol dan volume betina lebih lirih. Pada waktu ini lah hal yang menjadikan kebimbangan antara jantan dan betina.
Hendaklah benar-benar mencermati burung yang sebelum anda beli sebelum menyesal akhirnya, karena jika anda hanya membedakan dari segi fisik itu bukanlah jaminan dan bisa disebut cuma GAMBLING.

Untuk makann black throat memakan biji-bijian seperti :
*`Milet
* Jewawut
* Canary seed
* Biji sawi
* dan biji lobak
Extra foodingnya seperti :
* Sawi, oyong, selada (sayuran)
* Apel (buah)
* Tulang sotong
* Telur puyuh
* dan kroto.

Untuk burung kekurangan nutrisi tentu juga mempengaruhi kesehatan dan rajin bunyi nya, jadi tidak ada salahnya memberikan yang terbaik buat peliharaan kita.

No comments:

Post a Comment